gitar akustik
images by : flypaper.soundfly.com

Gitar akustik kayaknya udah jadi barang yang paling digemari tiap orang deh. Mulai dari yang pingin belajar musik sampe yang emang cinta banget sama musik. Tapi, yang jadi masalah kalo kita pemula tapi pingin beli gitar akustik. Apalagi kalo basic nya blm di musik banget, bingung kan pasti gimana cara milih gitar yang tepat. Nah, Hallo Bro bakal kasih tau nih apa aja sih yang harus diperhatiin kalo mau beli gitar akustik?.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Gitar Akustik

1. Sesuaikan isi kantong

isi kantong
images by : lakeybanget.com

Penting banget nih, biasanya sih semakin mahal harga gitar semakin bagus juga kualitasnya. Walaupun ga jarang ada juga yang murah tapi kualitasnya lumayan lah. Tapi, saran Hallo Bro sih, mending kalo pengen beli gitar dan kualitasnya juga ga mengecewakan, nabung dulu aja. Harga mah gapernah bohong kok.

2. Bahan yang digunakan

jenis kayu gitar akustik
images by : portalmusikmalang.com

Pemilihan jenis kayu juga berpengaruh banget loh buat suara gitar yang dihasilkan, jadi jangan sampe salah pilih kayu. Saran Hallo Bro sih mending pilih bahan yang full kayu, usahakan bukan triplek. Karena kayu suaranya lebih bagus, lebih berat juga.

3. Senar yang digunakan

nylon vs steel
images by : twitter.com

Ada 2 tipe senar gitar akustik, nilon dan steel. Untuk yang steel, neck gitar nya lebih kecil dan lebih gampang digenggam. Tapi kalo buat belajar kurang pas kayaknya, soalnya senar steel nih lebih sakit buat di pencet. Kalo yang nilon, cocok buat pemula. Walaupun neck nya lebih gede, tapi nilon ini ga terlalu sakit buat dipencet.

4. Body gitar

body gitar
images by : pipic.wordpress.com

Tergantung kenyamanan dan kesukaan kalo buat pemilihan body gitar ini. Tapi biasanya body yang lebih lebar dan kayu yang tebel menghasilkan suara yang lebih bagus.

BACA JUGA : Ini Nih, Band dan Penyanyi Indie Folk Yang Cocok Buat Manjain Hari Kamu

5. Neck gitar

neck gitar
images by : gpangky.xyz

Pilih neck yang lurus dan ga gampang bengkok. Neck yang bagus juga terdapat besi penyangga yang disebut Truss Rod. Ini penting jika sewaktu-waktu neck gitar bengkok, jadi bisa di setting lagi balik ke awal.

6. Fret gitar

fret gitar
images by : duniagitar190299

Fret merupakan strip kawat tipis yang berada pada neck gitar. Pilih fret yang berbahan stainlees steel, karena lebih awet dan juga kualitasnya lebih baik. Cobalah juga membunyikan setiap fret, agar tidak ada fret yang fals.

7. Cek suara

cek suara gitar
images by : liveformusic.com

Coba mainkan gitar yang mau kamu beli, karena feel kamu sangat menentukan apakah gitar ini cocok atau gak buat kamu.

Nah itu mungkin beberapa tips yang bisa Hallo Bro kasih buat kamu yang pingin beli gitar akustik. Intinya sih, jangan buru-buru kalo mau beli gitar, daripada nyesel akhirnya. Saran Hallo Bro sih mending nabung dulu, juga ajak temen yang udah ngerti gitar kalo mau berburu gitar. Tetap semangat brader.