mahasiwa

Gaya hidup sehat bagi mahasiswa sering dihiraukan. Sebagai seorang mahasiswa, kesibukan lebih dipentingkan seperti sibuk mengerjakan tugas dari dosen, sibuk urusan organisasi, bermain game, bisnis, pacaran yang membuat mahasiswa melupakan kesehatannya. Sebelum menjadi mahasiswa, pola gaya hidup tentu lebih sehat dari pada memasuki dunia kampus, makan teratur, gizi pada asupan sangat baik, waktu istirahat lebih banyak dan tidur pun nyenyak. Maka apa yang harus mahasiswa lakukan untuk hidup lebih sehat dan urusan kuliah juga selesai?

Tips-tips mahasiswa untuk hidup lebih sehat!

1. Bergabung dengan klub olahraga di universitas anda

mahasiswa
image by : www.ligamahasiswa.co.id

Ada banyak universitas yang menawarkan program ekstrakurikuler olahraga diantara jadwal kelas, setelah kelas dan juga pada malam hari yang biasa disebut dengan ‘evening classes’. Mahasiswa dapat menemukan kelas-kelas seperti :

  • Futsal
  • Basket
  • Badminton
  • Volly

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler saat kuliah tidak hanya untuk olahraga dan kesenangan, tetapi juga bisa membuka wawasan kita dan mempelajari keahlian-keahlian yang tidak diajarkan di ruang kelas.

2. Bergabung dengan klub fitness dan gym

mahasiswa

Begitu banyak sekali manfaat fitness yang bisa kita capai baik bagi pria maupun untuk wanita yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya masih banyak mahasiswa yang masih beranggapan bahwa fitness dan gym untuk membentuk badan, Meskipun anggapan tersebut tidak salah, masih banyak lagi manfaat yang bisa kita uraikan sebagai berikut:

  • Pembakaran lemak
  • Kekuatan fisik
  • Kebugaran
  • Mengurangi resiko penyakit
  • mencegah stress
  • meningkatkan konsentrasi

Ingatlah saat badan beraktifitas, darah akan terpompa ke semua bagian tubuh yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan otak. Dengan kalian mengikuti klub fitness dan gym membuat kalian dapat lebih sehat.

3. Makanlah Sayuran

sayuran mahasiswa
Sayuran mengandung antioksidan yang wajib dikonsumsi, kebanyakan mahasiswa terutama yang ngekost karena tidak ada yang mengatur pola makannya akhirnya mahasiswa selalu mengkonsumsi makanan yang serba instan seperti mie, namun banyak yang belum mengerti bahaya apa yang mengitari dari makanan tersebut. Jika dikonsumsi lama akan menyebabkan resiko ginjal, rusaknya sistem pencernaan dikarenakan zat kimia lilin pada mie.

4. Perbanyak Minum Air Putih

air putih
Pola gaya hidup sehat bagi mahasiswa yang paling dilupakan adalah minum air putih, banyak sekali mahasiswa yang ngekost jarang meminum air putih akan tetapi malah minum-minuman seperti soda, es teh, es jeruk. Apakah anda tau penyebab faktor terbesar rusaknya ginjal yang kedua? Penyebabnya adalah kurang minum air putih, dan penyebab pertama adalah sering meminum zat kimia berbahaya seperti minuman energi, alkohol dan minuman bersoda yang sering memacu kinerja ginjal terhambat. Meski anda mengkonsumsi makanan sehat sekalipun tanpa dibarengi minum air putih dapat menyebabkan sulitnya pembuangan toksin (racun) yang dihasilkan tubuh. Kekurangan minum air putih menyebabkan terhimpitnya toksin pada saluran ureter ke ginjal, jika mengeras dapat menyebabkan batu kristal atau biasa disebut dengan batu ginjal. Disarankan minumlah 2-3 liter perhari.

5. Tidurlah Yang Cukup

mahasiswa tidur
Mayoritas tidur mahasiswa laki-laki tidur diatas pukul 00.00 berbagai alasan seperti banyak tugas, bermain game, organisasi dan hanya sekedar mendengarkan lagu-lagu sambil browsing. Mereka menggangap sudah tidak memungkinkan tidur seperti pada zamannya SMP, SMA sederajat, meski sudah mencoba tidur pukul 21.00 dan mata tidak mengantuk. Kembali lagi kebiasaan pola gaya hidup sehat faktornya, seperti orang yang merokok dan mesugesti untuk berhenti, hal itu sangat mustahil karena si perokok tersebut memiliki kebiasaan. Bagaimana cara menyikapinya? Tentu harus dimulai pelan-pelan, selesaikan tugas kuliahmu pada siang hari dan tidurlah 1 jam sebelum anda tidur seperti biasanya contoh biasa tidur pukul 01.00 maka anda mulai membiasakan tidur pukul 00.00.

6. Hindari Pergaulan yang sudah kelewatan

mahasiswa party
Bergaul pada siapa saja memang boleh, namun ingat pergaulan dapat mempengaruhi kesehatan, bagaimana bisa? Teman yang tidak baik pasti memiliki kebiasaan party, jika anda tidak membentengi diri, kemungkinan besar anda akan ikut-ikutan dan akhirnya anda diajak minum secangkir alkohol, merokok, berfoya-foya. Akhirnya prestasi belajar anda akan terganggu dan selalu ketagihan terhadap kehidupan seperti itu.

Menjadi mahasiswa boleh sibuk dengan tugas dan organisasi, akan tetapi jangan lupa dengan kesehatan karena pola hidup sehat sangat penting bagi tubuh kamu, agar menjadi mahasiswa yang pintar dan sehat. jadi mahasiswa yang aktif yah mumpung masih muda 🙂

BACA JUGA : Hal Yang Harus Kalian Ketahui, Saat Teman Kalian Mempunyai Pasangan Baru !