Mahasiswa
Image by: Students.id

Gaya hidup mahasiswa zaman dulu yang bisa di bilang belum begitu modern dengan zaman sekarang yang sudah modern ini tentu jauh berbeda. Bisa dilihat dari cara penampilan, mengerjakan tugas sampai mencatat pelajaran kuliah sangatlah berbeda, oleh karena itu untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini perbedaan mahasiswa zaman dulu dengan zaman sekarang.

Perbedaan Mahasiswa Zaman Dulu Dengan Zaman Sekarang

1. Bikin Tugas Kelompok

Mahasiswa
Image by: nurhibatullah.blogspot.co.id

Mahasiswa zaman dulu: zaman dulu ketika mahasiswa mendapatkan tugas kelompok dari dosen, pasti akan sering ketemuan di kampus untuk lebih mudah menyelesaikan tugasnya. Bahkan walaupun hari libur, banyak mahasiswa yang bela-belain mengerjakan tugas untuk menyelesaikan tugas kelompok.

Mahasiswa zaman sekarang: apabila dapat tugas dari dosen, kebanyakan mahasiswa zaman sekarang langsung membuat group chat, dan dari grup chat tersebut mahasiswa saling berkomunikasi dan bertukar pikiran untuk menyelesaikan tugas. Hal tersebut membuat mahasiswa males untuk bertemu  dan mengerjakan tugas bareng kelompok, karena dari group chat sendiri mahasiswa tersebut bisa berkomunikasi dengan kelompoknya tersebut.

2. Baca Buku

Mahasiswa
Image by: news.okezone.com

Mahasiswa zaman dulu: Pada zaman dulu mahasiswa rajin sekali ke perpustakaan untuk membaca buku, karena minimnya informasi selain di dapatkan dari buku. Oleh karena itu buku menjadi sumber informasi.

Mahasiswa zaman sekarang: Banyak mahasiswa membaca buku hanya pada saat ingin menghadapi ujian kuliah, kebanyakan mahasiswa menggunakan google untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu buku jadi berkurang fungsinya, karena di mbah google sudah memiliki banyak sekali informasi.

3. Berhubungan Dengan Dosen

Mahasiswa
Image by: event.kompasiana.com

Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa sangat menghormati dosen, apabila ingin menanyakan sesuatu di luar kelas biasanya mahasiswa langsung menemui dosen tersebut.

Mahasiswa zaman sekarang: Mahasiswa zaman sekarang tetap banyak yang hormat terhadap dosen, akan tetapi kebanyakan mahasiswa zaman sekarang apabila ada hal yang ingin di tanyakan ke dosen di luar kelas males untuk menemui dosennya, biasanya anak tersebut langsung menghubungi lewat chat.

4. Mencatat

mencatat
Image by: www.bacaanpopuler.com

Mahasiswa zaman dulu: Zaman dulu kuliah tidak semudah zaman sekarang, mereka belum memiliki gadget yang canggih dan juga laptop. Sehingga mahasiswa harus memperhatikan dosen dengan sungguh-sungguh dan mencatatnya di buku tulis.

mahasiswa zaman sekarang: Mahasiswa zaman sekarang sudah sangat dimanjakan dengan teknologi canggih, karena dimanjakan oleh teknologi canggih mahasiswa ga perlu susah nyatet lagi. Tinggal photo tulisan di papan tulis, dan apabila dosennya menjelaskan dengan OHP, mahasiswa tinggal bawa flashdisk dan minta softcopy-nya.

5. Focus

Mahasiswa
Image by: www.france24.com

Mahasiswa zaman dulu: Sebelum adanya media sosial dan gadget yang canggih. Mahasiswa zaman dulu selalu focus dalam hal apapun untuk mencapai cita-citanya.

Mahasiswa zaman sekarang: Pada zaman yang sudah modern ini banyak yang mahasiswa yang tidak focus dengan kuliahnya, karena di hantui oleh media sosial dan hal lain-lainnya, yang membuat focusnya mahasiswa kebagi-bagi.

Berikut adalah perbedaan mahasiswa zaman dulu dengan sekarang yang sangatlah berbeda, semoga dengan kemajuan teknologi dan zaman yang sudah modern ini mahasiswa bisa memanfaatkannya dengan baik.