Kartini
Image by: www.aquila-style.com

Raden Ajeng Kartini lahir di kota Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. RA Kartini merupakan sosok pahlawan wanita Indonesia yang sudah menaikan martabat atau derajat wanita di Indonesia, yang tadinya anak perempuan di Indonesia hanya boleh sekolah sampai sekolah dasar, sekarang anak perempuan di Indonesia bisa sekolah setinggi-tinggi mungkin, dan menggapai cita-citanya setinggi langit. Tentunya bangsa Indonesia sangat butuh sosok Kartini baru dimasa-masa ini, oleh karena itu mimin ingin memberitahukan kepada kalian khususnya untuk para wanita agar kalian dapat mencontohkan sosok Kartini di kehidupan kalian.

Ini Dia Sosok Pahlawan Wanita Indonesia, Yaitu Raden Ajeng Kartini.

1. Kasih sayang

ibu anak
Image by: wakaf.daaruttauhiid.org

Kartini adalah sosok wanita yang penyayang terutama kepada orang tua dan anak-anak perempuan didikannya. Beliau sangat sayang sekali dengan anak-anak didikannya, sampai pada saat itu Kartini pernah bilang kepada nyonya Abendanon (Menteri Kebudayaan) bahwa ia akan selalu menjaga dan mengasihi kepada anak didiknya itu sampai akhir hayatnya. Ini adalah sifat yang wajib di miliki semua orang terutama wanita.

2. Berani

berani
Image by: fery-dedi.blogspot.co.id

Selama kita berada di jalur yang benar, kamu harus berani mempertahankannya, jangan sampai terpengaruhi dengan orang lain. Sama seperti RA Kartini yang tidak mudah terpengaruh dengan omongan orang lain, contohnya pada saat kartini masih kecil banyak anggapan orang yang bilang wanita itu tidak usah belajar, cukup belajar memasak dan mencuci saja. Akan tetapi Kartini tidak mendengarkan omongan-omongan itu, ia tetap berani menunjukan kegigihannya dengan belajar yang giat, yang akhirnya banyak wanita di Indonesia yang mengikuti langkahnya.

3. Sosok yang merakyat

Kartini
Image by: www.kliksamarinda.com

Sifat RA Kartini yang tidak senang disembah dan diagungkan selayaknya seorang bangsawan lainnya. Hatinya lekat terhadap rakyat walaupun dia adalah sosok wanita Bangsawan. Bahkan Beliau merasa sedih dan kesal jika ada seorang Bangsawan yang menggunakan tingkat kebangsawananya untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain.

BACA JUGA: Hal Yang Perlu Kalian Tahu Tentang Kisah Sukses Bob Sadino

4. Sederhana

Bahagia Itu Sederhana
Image by: hanyafira.com

walaupun RA Kartini adalah bangsawan dan mempunyai uang yang melimpah, akan tetapi ia tidak memperdulikan jabatan itu. Bagi Beliau semua orang sama tidak ada orang kaya dan orang miskin, sosok Kartini sangat sederhana contohnya saja pada saat ia menikah, walupun ia menikah dengan sesama bangsawan RA Kartini memilih tidak mengadakan pesta dan bahkan tidak memakai pakaian pengantin. Baginya hidup dalam kesederhanaan, kehematan akan mencegah kesengsaraan dimasa mendatang. Untuk para wanita bisa ditiru nih.

5. Mempunyai Akhlak yang baik

mukena
Image by: percikaniman.id

sosok Kartini tidak hanya mempunyai kecerdasan dalam ilmu pengetahuan, akan tetapi beliau mempunyai akhlak yang sangat baik juga. Bagi RA Kartini semua orang merupakan pendidik, tugas pendidik belum usai jika hanya mencerdaskan pikirannya saja, ia harus mendidik budi dan akhlaq muridnya.

6. Optimis

Kartini
Image by: inspiratorfreak.com

Ketika seseorang sudah putus asa untuk menggapai cita-cita yang tinggi, dengan keadaan yang tidak mungkin untuk mencapai cita-cita tersebut. Sosok Kartini tetap optimis dan percaya cita-cita itu akan tercapai apabila kita optimis untuk menggapainya, contohnya saja pada saat beliau masih sekolah dasar ia mempunyai cita-cita, kalau wanita di indonesia harus mempunyai hak untuk bersekolah setinggi-tingginya. Akhirnya cita-cita itu tercapai, wanita jaman dahulu yang hanya diperbolehkan sekolah sampai SD (Sekolah Dasar) dan sekarang perempuan bisa sekolah setinggi-tingginya dan mempunyai hak mendapatkan jabatan yang tinggi di perusahaan.

7. Pantang menyerah

Never give up
Image by: www.kompasiana.com

RA Kartini adalah sosok perempuan yang tidak mudah menyerah, walaupun cobaan bertubi-tubi dia akan selalu bangkit dan menyelesaikan masalah yang ada.

Itu dia sosok Kartini yang telah menaikan martabat wanita di Indonesia ini, banyak sekali jasa-jasa yang telah beliau berikan kepada para perempuan di Indonesia ini. Mungkin saja apabila tidak ada sosok kartini di jaman dulu, para wanita di Indonesia hanya bisa menjadi ibu rumah tangga, yang kerjaan nya hanya mengurus keluarga dan melayani suaminya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambahkan motivasi untuk kalian.