salah jurusan
Image by: curhatmahasiswafisipub.wordpress.com

Salah jurusan itu seperti kamu masuk hutan belantara, yang di dalamnya terdapat harta karun. Akan tetapi kita tidak tau arah untuk keluar, Terkadang kita tidak tahu jalan yang kita ambil apakah jalan yang benar untuk kita ataukah jalan yang salah, yang bisa kita lakukan hanyalah terus berjuang, berdoa, optimis, pantang menyerah dan fokus. Apabila orang itu mempunyai semangat lebih, mungkin orang itu bisa keluar dari hutan tersebut dengan selamat dan membawa harta karun tersebut. Oleh karena itu mimin ingin memberitahukan hal-hal apa saja yang harus di lakukan apabila kamu merasa salah jurusan, agar kamu selalu semangat menjalani kuliah walau itu bukan minat kamu sebenarnya.

Hal-Hal Untuk Kamu, Yang Merasa Salah Jurusan!

1. Perluas ilmu di bidang yang ingin kamu tekuni

salah jurusan
www.esquire.co.id

Apabila bidang yang ingin kamu tekuni bukan makanan sehari-hari kamu di bangku perkuliahan, otomatis kamu harus memiliki inisiatif untuk mengembangkan jejaring atau ilmu yang ingin kamu tekuni di luar kampus. Misalnya kamu suka photografi tapi kamu masuk jurusan teknik mesin, nah kamu bisa ikut seminar, ukm photografi, lomba-lomba atau bergabung dengan perkumpulan photografi diluar kampus. Dari situ kamu bisa mendapatkan ilmu dari apa yang kamu ingin tekuni, yang kamu tidak bisa dapatkan di kampus.

2. Apabila cocok, kamu bisa gabungkan minatmu dengan jurusan kamu

salah jurusan
www.viva.co.id

Apabila kamu merasa salah masuk jurusan jangan langsung terpuruk atau sedih, karena siapa tau jurusan yang kamu ambil bisa kamu gabungkan dengan minat kamu yang sebenarnya. Maksudnya menggabungkan disini contohnya jurusan kamu statistika dan minatmu berbisnis, kamu bisa menggunakan analisis-analisis statistika yang kamu pelajari di bangku kuliah untuk mensukseskan bisnis kamu.

BACA JUGAPola Hidup Sehat Bagi Mahasiswa Yang Sibuk Dengan Kuliah Dan Organisasi

3. Mempunyai motivasi untuk lulus!

salah jurusan
abc13.com

Motivasi adalah termasuk hal terpenting dalam hidup manusia karena bisa dibilang motivasi yang memberikan seseorang itu yang tadi nya tidak semangat menjadi lebih semangat. Apabila kamu merasa salah mengambil jurusan carilah hal-hal yang membuat kamu termotivasi untuk  lulus, dengan nilai yang memuaskan.

4. Tekuni mata kuliah yang kamu suka di jurusanmu

salah jurusan
andupgsdunimed.blogspot.co.id

Setiap mahasiswa pasti mempunyai mata kuliah yang dia senangi, nah dari situ kamu bisa tekuni mata kuliah di jurusan mu yang kamu senangi agar kamu tidak suntuk dengan banyak nya mata kuliah yang ada di jurusanmu, cukup tekuni beberapa mata kuliah yang benar-benar kamu ingin tekuni. Disini mimin ga nyuruh kamu untuk melupakan pelajaran lainnya. Maksudnya mimin, kamu menekuni beberapa pelajaran yang kamu sukai tapi jangan sampai mata kuliah lainnya nilainya terbengkalai.

5. Refreshing

salah jurusan
www.docarehealthproducts.com

Apabila kamu sudah mulai terasa jenuh, lelah dan bosan kini saatnya kamu refreshing atau piknik. Refreshing disini tidak harus piknik, maksudnya kamu bisa main game, atau kamu bisa lakukan hal-hal yang kamu sukai seperti photographer atau bermain ke pantai dan lain-lain, karena refreshing itu perlu, agar beban yang ada di pikiran mu bisa berkurang.

Segitu dulu yah hal-hal yang harus kamu ikutin ketika kamu merasa salah masuk jurusan. Salah masuk jurusan bukan berarti orang itu tidak bisa sukses, karena banyak sekali orang sukses yang merasa dirinya waktu kuliah salah jurusan contohnya saja Bill Gates, Hanung Bramantyo, Chairul Tanjung dan masih banyak lagi.