Terlihat Sederhana, Tetapi Curhat Itu Baik Untuk Kesehatan
polka.id

Kalian pernah merasakan curhat ke  seseorang terdekat atau sahabat? Curhat adalah sarana untuk kita mengungkapkan curahan hati yang terpendam untuk di utarakan ke oarang terdekat. Yang perlu kalian ketahui, bahwa persaan lega yang kita ungkapkan tersebut ternyata memberikan efek baik untuk kesehatan kita sendiri. Coba kalian bayangkan jika tidak ada tempat untuk bercerita dan meluapka keluh kesah kita, pasti hati akan sakit dan idak bagus untuk kejiwaan dan beberapa gangguan psikologis.

Ternyata Curhat Itu Baik Loh, Untuk Kesehatan Jiwa Dan Raga Kita

Curhat dalam bahasa medis disebut juga ventilasi, yang berarti tempat mengeluarkan atau setidaknya meringankan beban masalah hati. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, ternyata manfaat curhat yang sangat berguna ialah mampu mengaktifkan jalur intrinsik otak yang berkaitan dengan penghargaan. Menurut seorang Dr. David Spiegel yaitu  ketua psikiater dan ilmu perilaku di  Standar University yang berbicara: ”faktanya atau kenyataanya, berbicara dengan seseorang bisa membantu meringankan bebas serta mengurangi kadar stress. Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga melakukan bicara dengan  orang lain bisa menjadi salah satu sumber dorongan atau dukungan dan pertologan. Manusia pada dasarnya tidak akan pernah tahu mengenai hasinya apabila tidak dicoba”.

kesehatab
cloudfront.net

Curhat juga membuat hati kita plong karena ada teman atau sahabat yang mau ikut merasakan apa yang kita rasakan saat itu. Selain ini pengalaman hidup yang berat kita jalani akan terasa lebih ringan, keadaan yang senang juga akan menjadi lebih menyenangkan. ada juga penelitian yang berkata bahwa telah lama melihat jika dukungan sosial bisa membantu seorang untuk membangun ketahanan terhadap stres serta menjadi alat yang dapat bermanfaat terutama untuk membuat perubahan pada hidupnya. Stres hingga depresi bisa datang kapan saja, terutama jika Anda sedang mengalami musibah atau mengalami masalah yang cukup berat. Maka dari itu berceritalah sesuai isi hati kalian kepada orang yang sudah kalian percaya seperti pacar, sahabat, dan orang tua.

Dukungan dari berbagai pihak yang terdekat yang sekiranya bisa dipercaya membuat anda semakin tau menghadapi cobaan dalam hidup ini. Hadapi masalah dengan kepala dingin agar tidak ada hal negatif yang akan menerpa kalian.