Image by: www.nu.or.id

Hallo Bro! Mungkin banyak yang kalian tidak tahu, ternyata kegiatan menjalankan puasa ini tidak hanya dilakukan oleh agama Islam. Ternyata banyak agama-agama lain yang melaksanakan kegiatan berpuasa. Mari kita simak agama apa sajakah itu.

Berikut Agama-Agama Yang Menjalankan Puasa, Selain Agama Islam

1. Kristen

berpuasa
Image by: kisahasalusul.blogspot.com

Puasa dalam agama Kristen terjadi pada pra-paskah. Puasa bagi umat Kristen ini berarti mengurangi jumlah makanan yang biasa dimakan sehari-harinya. Makanan yang dikonsumsi pada saat hari puasanya Kristen hanya 1 porsi untuk seharian penuh. Di agama ini yang diwajibkan berpuasa hanya orang-orang yang berumur sekitar 18-59 tahun.

2. Yudaisme

berpuasa
Image by: youtube.com

Puasa yang dijalankan dalam agama ini selama 25 jam dari sunset ke sunset lagi, pada hari Yom Kippur atau hari perdamaian. Yom Kippur ini jatuh pada tanggal 10 Tisyri dalam kalender Yahudi, hari itu dianggap hari yang paling suci bagi kaum yahudi. Selain itu ada juga hari Tisha B’Av yang jatuh pada tanggal 9 bulan Ab yaitu bulan ke-5 dikalender yahudi, yang di peringati oleh penganut Yudaisme untuk berpuasa.

3. Hindu

berpuasa
Image by: yesmuslim.blogspot.co.id

Pemeluk agama Hindu juga melaksanakan puasa. Di dalam agama Hindu puasa adalah bagian ritual yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Umat Hindu berpuasa hanya pada hari-hari tertentu seperti Ekadasi, Pradosha dan Purnima.

4. Buddha

berpuasa
Image by: artikelbuddhist.com

Agama Buddha juga berpuasa, akan tetapi sistem berpuasanya beda dengan Islam, apabila di Islam berpuasanya tidak boleh makan dan minum dari adzan subuh sampai Mahgrib, kalau di Buddha sistem berpuasa nya tidak boleh makan dari siang hari sampai besok pagi hari. Para biksu dan bikuni percaya berpuasa dapat menunjang nilai spiritual dan kesehatan. Di agama Buddha berpuasa di sebut Atthasila.

5. Baha’i

berpuasa
Image by: intanmarhumah.blogspot.co.id

Pada agama ini sistem berpuasa nya sama dengan umat muslim, dia juga menahan dahaga dari pagi hingga petang. yang terjadi di bulan Ala, yaitu bulan ke-19 di kalender Baha’i atau tanggal 2-20 Maret di kalender Masehi.

BACA JUGA: Fakta Dan Mitos Berpuasa Yang Harus Kalian ketahui Sebelum Melakukannya!

6. Jainisme

berpuasa
Image by: www.thepanicchannel.com

Agama ini adalah salah satu yang banyak dipeluk oleh masyarakat India, di dalam agama ini terdapat dua jenis dalam menjalankan puasa. Pertama dinamai chauvihar upwas yang berarti tidak makan dan minum dari pagi hingga esok harinya. Berarti selama 24 jam tidak makan dan minum. Setelah itu tiviar upwas dimana seorang yang berpuasa masih diperbolehkan mengonsumsi air matang.

7. Sikh

berpuasa
Image by: comefromthepast.blogspot.co.id

Sebenarnya di agama ini berpuasa tidak menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Akan tetapi di dalam agama ini menyuruh umatnya untuk berpuasa, karena untuk keperluan kesehatan dan juga peningkatan kekuatan spiritual pada manusia. Di agama ini percaya berpuasa secara rutin mampu untuk menyegarkan pikiran, memperbaiki perilaku dan juga memberikan semangat hidup.

Nah itu dia beberapa agama-agama di dunia ini selain agama Islam yang juga berpuasa, meski berbeda secara konsep dan aturannya. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi kamu yang menjalankannya.