tips belajar
images by: theodysseyonline.com

Menurut Thursan Hakim belajar merupakan suatu perubahan kualitas dan kuantitas kemampuan seseorang. Makanya banyak diantara kita yang selalu belajar buat ningkatin kemampuan kita kan. Apalagi kalo udah mau deket ujian, wuih pasti makin intens kan belajarnya. Namun, gak jarang apa yang kita pelajarin ga nyangkut juga di otak. Nah, sebenernya gimana sih tips belajar yang tepat biar kita cepet ngerti? HalloBro udah punya nih beberapa tips yang bisa bikin pelajaran jadi mudah diserap. Cek deh cek.

Tips Belajar Buat Kamu Yang Susah Fokus!

1. Hindari Begadang

tips belajar
images by: sites.psu.edu

Hindari banget deh belajar sampai larut malam, karena untuk menjaga kinerja mata dan otak kita. Tidur juga ampuh mengusir rasa kantuk yang membuat otak kita bekerja lebih maksimal dan lebih fresh ketika bangun. Jadi, sebaiknya jangan dipaksakan buat belajar ya, kalo kondisi tubuh udah ngantuk.

2. Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

tips belajar
images by: brucemcarthurdentistrylakewood.com

Mengonsumsi sayur dan buah secara teratur dapat membuat tubuh kita sehat loh, sehinga kita siap untuk belajar. Tubuh dan otak pun jadi lebih mudah deh menyerap semua pelajaran yang udah di pelajari. Karena kan, sayur kaya akan serat dan buah kaya akan vitamin yang bagus buat tubuh.

3. Sediakan Air Minum

tips belajar

Dalam belajar udah tentu capek kan, ga cuma capek fisik namun juga capek pikiran. Nah, ada baiknya sediakan juga minuman yang bisa meningkatkan mood kamu, atau yang bisa mengembalikan ion-ion tubuh kamu. Karena jika tubuh kehilangan ion dapat menyebabkan tubuh jadi lemas yang menyebabkan kantuk.

BACA JUGA: Pola Hidup Sehat Bagi Mahasiswa Yang Sibuk Dengan Kuliah Dan Organisasi

4. Hindari Kopi

tips belajar
images by: isomac.se

Banyak orang yang dalam belajar selalu menyediakan kopi untuk teman belajarnya. Namun, walaupun kopi dapat meningkatkan kinerja jantung dan otak, minum kopi secara berlebihan ga baik loh buat kesehatan.

5. Kerjakan Dari yang Termudah

tips belajar
images by: www.eliteedu.com.au

Kalo kamu dihadapkan sama soal yang banyak, ada baiknya mengerjakan dari yang termudah. Agar kinerja otak tidak terlalu berat ketika mengerjakan soal yang tingkatnya lebih sulit. Juga, untuk menghindari otak stres duluan, yang menyebabkan otak jadi malas berpikir lagi.

6. Fokus

tips belajar
images by: thevietnamwar.info

Fokus lah hanya kepada satu tujuan. Jangan fokus memikirkan yang lain, karena kalo kamu menggabungkan pikiran lain di saat kamu belajar, otak kamu bisa jadi gak kuat untuk memikulnya. Itulah kadang yang menjadi penyebab stres dan takut, serta gak percaya diri saat mengerjakan soal.

7. Berdoa

tips belajar
images by: crosswalk.com

Berdoa merupakan usaha yang paling penting dalam belajar. Dengan berdoa, kamu bisa lebih fokus dan serius dalam mengerjakan soal. Selain itu dengan berdoa, ilmu yang kamu pelajari bisa jadi pahala buat diri kamu. Jadi, biasakan berdoa ya sebelum belajar maupun mengerjakan hal lain.

Itu dia beberapa tips belajar yang bisa bantu kamu biar lebih fokus lagi. Intinya sih jangan pernah takut salah, namanya juga belajar kan. Inget juga kutipan terkenal dari Thomas Alfa Edison “I have not failed, I’ve just found 1000 ways that won’t work”. Jadi, terus mencoba ya dan jangan belajar pake sistem kebut semalam lagi!. Kecuali kepepet.