mudik lebaran

Hallo Bro! Udah ga terasa sebentar lagi lebaran telah tiba, pasti banyak diantara kamu yang sedang siap-siap untuk mudik ke kampung halaman. Sebelum kamu mudik ternyata banyak hal-hal yang harus di persiapkan, apalagi kalo kamu bawa kendaraan pribadi. Agar mudik kamu lancar baca artikel dibawah ini bro!

Tips Dan Trik Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi!

1. Cari Jadwal Mudik Yang Tepat

mudik lebaran
Image by: Bintang.com

Sebelum mudik pastikan jadwal yang kamu pilih benar-benar kosong dan tidak ada kerjaan kantor, jangan sampai pada saat kamu berada di perjalanan ke kampung halaman. Tiba-tiba kamu masih mempunyai tanggung jawab di kantor.

2. Siapkan Budget

mudik lebaran
Image by: cahpordjoperantauan.wordpress.com

Kamu ingin pulang kampung? sebelumnya kamu sudah harus menyiapkan budget yang sudah kamu perkirakan akan keluar selama perjalanan sampai kamu balik lagi ke rumah.

3. Persiapkan Kendaraan

mudik lebaran
Image by: www.ingenie.com

Jangan sampai kamu tidak memeriksa kendaraan sebelum mudik, karena ini sangat penting sekali untuk kenyamanan kamu dan keluarga. Hal-hal yang harus di persiapkan apabila kamu mudik menggunakan mobil adalah air radiator, rem dan kaki, ban, bagian lampu dan sinyal, wiper, kelengkapan mobil.

4. Pemilihan Rute

mudik lebaran
Image by: bootstrapious.com

Tentukan dan pastikan rute ke kampung halaman anda, sebelum kamu berangkat mudik. Seperti lewat jalur pantura atau lewat tol cipali, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang rute yang kamu pilih untuk perjalanan ke kampung halaman, agar kamu tidak terkena macet dan kesasar nantinya.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Berpuasa! Agar Tetap Segar Dan Semangat

5. Persiapkan Stamina

mudik lebaran
Image by: sehat-secara-alami.blogspot.co.id

Apabila kamu yang disuruh menyupir kendaraannya, pastikan kamu jaga kondisi fisik dan tidur yang cukup sebelum kamu berkendara ke kampung halaman, karena apabila kamu lelah dan kamu memaksakan untuk berkendara ke kampung halaman, Itu bisa berakibat fatal atau kecelakaan.

6. Siapkan Barang-Barang bawaan

mudik lebaran
Image by: www.winnetnews.com

Beberapa hari sebelum berangkat, catatlah barang-barang bawaan yang ingin kamu bawa ke kampung halaman. Catat barang bawaan dari hal yang paling besar sampai barang yang paling kecil, agar barang yang ingin kamu bawa ke kampung halaman tidak terlupakan.

7. Siapkan Peralatan Medis

mudik lebaran
Image by: www.medicalogy.com

Jangan anggap sepele dengan peralatan medis, peralatan medis seperti minyak angin, rheumason, betadine dan obat sakit kepala jangan lupa untuk dibawa. Untuk memperlancar perjalanan kamu mudik ke kampung halaman.

8. Periksa Keamanan Rumah

mudik lebaran
Image by: caravassilis.net

Ini juga tips yang wajib kamu lakukan, periksa semua kunci di setiap masuk kerumah, jika ada yang rusak segera ganti yang baru. Jangan sampai kamu pulang dari kampung halaman dan barang-barang yang ada di rumahmu di malingi orang.

9. Bekal Saat Perjalanan

mudik lebaran
Image by: eatdosirak.wordpress.com

Bawa perbekalan yang diperlukan selama perjalanan seperti air putih, kue, chiki-chiki dan lain-lainnya. Agar perjalanan kamu dengan keluarga lebih meyenangkan.

Nah Itu dia tips dan trik yang bisa kamu praktekan sebelum kamu mudik, agar perjalanan mudik kamu lancar dan menyenangkan serta tidak ada halangan lagi bro! Selamat mudik lebaran.