anak rantau
Image by: fitbody.ro

Menjelang hari lebaran, pulang kampung sudah menjadi adat istiadat agama islam untuk menemui orang tua atau kakek dan neneknya. Akan tetapi apabila kamu anak perantauan yang tidak bisa pulang kampung karena ada suatu hal terntentu jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa tips bagi kamu anak rantau yang tidak bisa pulang ke kampung halaman!

Tips-Tips Bagi Kamu Anak Perantauan Yang Tidak Bisa Pulang Kampung Saat Lebaran

1. Walau gabisa sungkem, Telepon orang tua untuk mengucapkan maaf

anak rantau
Image by: tomsonoprekers.blogspot.co.id

Bagi kamu anak rantau, memang sangat menyedihkan ketika lebaran telah tiba akan tetapi kita masih di tanah rantauan dan tidak bisa pulang ke tempat orang tua. Meski kamu tidak bisa sungkem atau mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin secara langsung kepada orang tua. Akan tetapi dengan kamu menelpon orang tua dan mengucapkannya melalui telepon, itu sudah cukup mengurangi rasa sedihmu.

2. Pergi ke suatu tempat, bersama teman senasibmu

anak rantau
Image by: travel.detik.com

Jangan hanya berdiam diri di tanah rantauan, mumpung sedang libur ajak teman senasib sepertimu untuk jalan-jalan keluar. Dengan itu dapat menghilangkan rasa kangen kamu dengan kampung halaman dan orang tua.

3. Kerja Part-time

anak rantau
Image by: mahemahesa-tahukahanda.blogspot.co.id

Mumpung sedang libur lebaran yang panjang, kamu bisa isi waktu kosong kamu dengan kerja part-time. Karena biasanya menjelang lebaran di tempat rumah makan permintaan konsumen meningkat. Sehingga membutuhkan banyak karyawan, dan biasanya tempat usaha kekurangan tenaga kerja karena banyak karyawannya yang mudik.

 4. Refreshkan pikiranmu

anak rantau
Image by: hipwee.com

Apabila liburan lebaran kamu tidak bisa pulang ke kampung halaman, jangan di ambil pusing. Dengan liburan yang panjang, kamu jadi mempunyai banyak waktu untuk refresh pikiranmu dari pekerjaan atau tugas kuliahmu dengan cara merenungkan hidup dengan beritikaf atau dengan jalan-jalan sendiri.

5. Minta di kirim makanan dari rumah

anak rantau
Image by: www.royco.co.id

Bagi kamu anak rantau dan kamu sangat merindukan masakan opor ayam ibu kamu saat lebaran, akan tetapi kamu tidak bisa pulang untuk mencobanya. Cukup dengan meminta tolong orang tuamu untuk mengirimkan makanan ke tanah rantauan, dengan seperti itu rasa kangen kamu dengan rumah mungkin bisa berkurang.

6. Melakukan kegiatan yang merupakan hobby kamu

anak rantau
Image by: loop.co.id

Dengan melakukan kegiatan yang menjadi hobby kamu, hal itu bisa melupakan rasa kangen kamu dengan kampung halaman. Karena dengan kamu melakukan kegiatan yang kamu cintai, hal tersebut membuat kamu fokus terhadap kegiatan itu dan bisa melupakan rasa kangen terhadap kampung halaman.

7. Menandai kalender untuk merencanakan kegiatan seru

anak rantau
Image by: jw.org

Mungkin ini bisa di bilang cara yang paling ampuh! tandai di kalender kamu untuk merencanakan sesuatu atau kegiatan yang seru dengan temanmu agar tidak ada waktu kosong. Karena dengan adanya waktu kosong, hal tersebut membuat kamu bosen dan akhirnya membuat kamu kangen kampung halaman.

Semoga dari tips-tips berikut rasa kangen kamu dengan kampung halaman atau dengan orang tua kamu bisa berkurang. Jangan hanya bersedih apabila kamu tidak bisa pulang ke kampung halaman.