susah tidur
Image by: www.bahcelievler.biz.tr

Tidur yang cukup terutama pada malam hari memang menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan. Apabila kamu kurang tidur itu dapat mengakibatkan daya tahan tubuhmu menurun. Pasti banyak diantara kamu yang kesulitan tidur walaupun dalam kondisi lelah sekalipun, padahal banyak agenda yang harus di selesaikan keesokan harinya. Akhirnya bangun pagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Apabila kamu sering merasakan hal tersebut, ikuti tips-tips dibawah ini agar kamu tidak susah tidur di malam hari.

Tips-Tips Bagi Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

1. Hindari kopi dan minuman alkohol

susah tidur

Banyak yang sudah mengetahuinya bahwa kopi adalah salah satu faktor pemicu susahnya tidur, karena kopi memiliki kafein yang berdampak sulitnya seseorang untuk tidur. Setelah itu apabila kamu sering minum alkohol sebenarnya membuat kita jadi cepat mengantuk akan tetapi efek sampingnya akan menganggu kualitas tidurmu.

2. Asupan kalsium yang cukup

susah tidur
Image by: calcium4life.wordpress.com

Sebuah penelitian menemukan manfaat kalsium yang dapat membuat seseorang tertidur pulas, karena peneliti menunjukan bahwa tidur dipengaruhi oleh aktivitas kalsium di dalam sel-sel saraf. Oleh karena itu asupan kalsium di dalam tubuh berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf, yang membuat tidurmu menjadi nyenyak dan nyaman.

3. Rajin olahraga

susah tidur
Image by: www.palmbeachillustrated.com

Banyak sekali manfaat olahraga, dengan berolahraga dapat menyehatkan tubuh dan pikiran. Selain itu dengan berolahraga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood. Hal itu dapat membantu agar kita lebih mudah untuk tidur di malam hari.

4. Jauhkan alat elektronik dari kasur

susah tidur
Image by: jalantikus.com

Jauhkan handphone, laptop dan alat elektronik lainnya dari tempat tidurmu, karena itu bisa menggangu tidur kita. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru diketahui akan menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan agar bisa mengantuk. Akibatnya kamu jadi susah untuk tidur.

BACA JUGA: Daripada Tidur, Ini Dia Kegiatan Di Bulan Puasa Yang Bisa Kamu Lakuin!

5. Udara yang segar

susah tidur
Image by: www.merdeka.com

Dengan udara yang bersih dan tempat yang bersih dikamar. Itu dapat memudahkan kita untuk cepat tertidur, karena dengan udara yang bersih dan tempat yang rapih itu membuat pikiran kita tenang dan tidak berantakan.

6. Obat-obatan

susah tidur
Image by: greenworldglobal.web.id

Banyak sekali obat-obatan yang membuat anda susah untuk tidur, seperti obat dari tekanan darah tinggi, pilek, flu hingga asma. Karena banyak sekali obat-obatan yang mengandung kafein atau zat stimulan yang dapat menganggu kualitas tidurmu. Oleh karena itu konsultasikan kedokter apabila anda menggunakan obat-obat tertentu yang membuat anda sulit untuk tidur.

7. Jangan tidur dengan keadaan lapar

susah tidur
Image by: pidioo.com

Banyak sekali orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, dengan cara tidak makan seharian penuh. Itu adalah hal yang dapat menganggu kualitas tidur kamu, bukannya menurunkan badan hal itu malah dapat membuat kamu tidak bisa tidur karena kelaparan.

Nah jadi itu dia tips-tips bagi kamu yang susah untuk tidur di malam hari, apabila kamu salah satunya. Praktekan lah tips-tips berikut dalam kehidupan sehari-harimu, semoga kamu bisa tidur nyenyak di malam harinya.