Tips memilih jurusan
Image by: www.nyoozee.com

Apakah kamu baru lulus SMA/SMK yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang universitas, akan tetapi kamu kebingungan memilih jurusan kuliah yang tepat untukmu? sebelum memilih jurusan kuliah, kamu harus mempertimbangkan baik-baik dengan mantab jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Karena kebanyakan siswa lulusan SMA/SMK memilih jurusan kuliah berdasarkan teman-temannya bukan dari hati nya, yang akhirnya orang tersebut menyesal telah memilih jurusan itu karena tidak sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu mimin akan memberitahukanmu tips-tips memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tips-Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat!

1. Sesuaikan dengan minat dan potensi

Tips memilih jurusan
Image by: www.youthmanual.com

Hal ini adalah hal yang paling penting dalam menentukan jurusan kuliah. Kamu harus menyesuaikan jurusan yang ingin kamu pilih dengan minat dan potensi anda, apabila kamu berhasil menyesuaikan jurusan yang kamu pilih dengan minat dan potensi yang kamu miliki tentunya akan banyak mata kuliah yang nantinya akan kamu sukai. Itu akan membuat kamu lebih semangat, enjoy dan tidak terbebani pada saat menjalani masa kuliah.

2. Mencari informasi mengenai jurusan yang ingin kamu ambil

tips memilih jurusan
Image by: blog.duitpintar.com

Apabila kamu sudah menemukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakatmu, sekarang kamu cari informasi yang akurat dari jurusan yang kamu pilih tadi, yang berupa: matakuliah yang akan di pelajari, kualitas dari jurusan yang kamu pilih dan peluang kerja atau potensi karir masa depan dari jurusan yang kamu pilih apakah cocok dengan apa yang kamu inginkan. Apabila tidak ada potensi atau peluang pekerjaan yang besar di masa depan, lebih baik kamu mencari mata kuliah lainnya.

3. Memahami situasi global

tips memilih jurusan
Image by: pixabay.com

Masa modern yang kita jalani saat ini sangat berbeda dengan jaman dulu. Kita harus sangat peka dan sensitif dengan keadaan yang sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. Apabila sekiranya kita mengambil jurusan yang kelak bisa menjajikan prospek hidup yang nyaman itu akan menguntungkanmu.  Contohnya di dunia ini pekerjaan IT sangat kurang akan tetapi orang yang bisa IT sangat di butuhkan di negara indonesia ini.

4. Mencari tahu jurusan tersebut dari pegalaman orang yang sudah ambil jurusan tersebut

Tips memilih jurusan
Image by: Vemale.com

Untuk memilih jurusan kuliah akan lebih efektif apabila kamu mencari tahu langsung informasi jurusan yang akan kamu pilih kepada seseorang yang sudah kerja yang dulunya mengambil jurusan yang kamu inginkan, karena dari informasi tersebut kamu mempunyai pandangan kedepannya. Jadi jika dari informasi yang kamu dapat, kamu merasa tidak ada potensi adanya karir atau pekerjaan dimasa depan atau masih meragukan lebih baiknya untuk mencari jurusan yang lainnya.

5. Memilih jurusan sesuai cita-cita yang kamu inginkan

tips memilih jurusan
Image by: tukangteori.com

Saat kamu masih kecil, pasti kamu mempunyai keinginan atau cita-cita yang akan kamu raih pada saat kerja nanti. Biasanya apabila mengambil jurusan sesuai dengan keinginan maupun profesi yang ingin kamu dapatkan di masa depan, kamu akan berusaha dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan perkuliahan demi meraih cita-cita yang sudah kamu dambakan.

6. Jangan memilih jurusan karena coba-coba/ikut teman

Tips memilih jurusan
Image by: onpsikologi.blogspot.com

Apa yang kita pelajari di dunia perkuliahan adalah bentuk salah satu investasi hidup kamu di masa depan, maka dari itu jangan sampai kamu berinvestasi untuk masa depan mu dengan coba-coba atau ikut temen, Karena dari jurusan kuliah kamu dapat menentukan masa depan mu ingin menjadi apa.

7. Cari alternatif lainnya

tips memilih jurusan
Image by: www.educenter.id

Cari alternatif jurusan lainnya juga termasuk tips memilih jurusan kuliah, agar kamu tidak berpatok dengan satu jurusan saja, setidaknya harus ada 2 atau 3 alternatif lainnya, yang terpenting masih anda minati dan sesuai dengan passion kamu. Karena apabila kamu ingin masuk universitas favorite dengan jurusan yang kamu inginkan, kadang-kadang itu lumayan sulit dengan banyaknya saingan diluar sana. Jadi jika pilihan pertama tidak lolos, masih ada pilihan kedua.

Itu dia tips-tips yang harus kamu pertimbangan pada saat memilih jurusan, jangan sampai kamu salah mengambil jurusan kuliah, karena jurusan kuliah yang akan kamu ambil nanti itu adalah investasi kamu untuk masa depanmu yang cerah, semangat terus!