menghemat baterai
Image by: www.tipscara.net

Hai para gamers! pasti banyak di antara kamu yang sangat terganggu apabila sedang bermain game dengan asik-asiknya di smartphone dan ternyata baru main berapa menit baterai habis dan membuat kamu harus memberhentikan game kamu terlebih dahulu untuk mencharger handphone. Apabila kamu termasuk orang tersebut, berikut ini ada sedikit tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone kamu pada saat bermain game.

Tips-Tips Menghemat Baterai Smartphone Pada Saat Bermain Game

1. Kecilkan Pengaturan Grafis

menghemat baterai
Image by: celestialshare.blogspot.com

Kebanyakan game pada jaman yang sudah modern ini memiliki grafis yang tinggi, dan grafis yang tinggi itu sangat menguras penggunaan baterai handphone kamu. Oleh karena itu agar baterai kamu tidak cepat habis pada saat main game, turunkan tampilan grafis pada game tersebut. Biasanya game memiliki pengaturan yang disediakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur animasi tambahan.

2. Turunkan Kecerahan Ponsel

menghemat baterai
Image by: travelingyuk.com

Salah satu yang sangat penting untuk menghemat penggunaan baterai pada smartphone kalian yaitu dengan cara menurunkan tingkat kecerahan pada smartphone kamu. Karena dengan tingkat kecerahan yang tinggi, hal tersebut sangat menguras penggunaan baterai. Oleh karena itu jika anda bermain game di tempat yang tidak terlalu terang, usahakan turunkan kecerahan smartphone kamu.

3. Matikan Volume Pada Game

menghemat baterai
Image by: www.jurnalweb.com

Mungkin bermain game dengan suara yang kencang dapat meningkatkan keseruan main game, akan tetapi ternyata hal tersebut membuat baterai di handphone kamu cepat habis. Oleh karena itu apabila kamu ingin bermain game lebih lama kecilkan atau matikan volume pada smartphone kamu, agar baterai kamu lebih awet.

4. Aktifkan Mode Pesawat

menghemat baterai
Image by: teknobos.com

Dengan mematikan mode pesawat hal tersebut akan mematikan jaringan seluler kamu, jadi apabila ada line, messenger, whatsapp, sms tidak akan bisa masuk. Walaupun cara ini memang sulit untuk dilakukan bagi anak remaja yang selalu chattingan, akan tetapi hal tersebut dapat membuat baterai kamu lebih awet. Cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang bermain game tanpa menggunakan internet atau game offline.

BACA JUGA: Inilah! Game-Game Indonesia Yang Menjadi Sorotan Di Kancah Internasional

5. Matikan proses yang berjalan di background

menghemat baterai
Image by: www.lemoot.com

Saat kalian bermain game pastikan matikan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar tersebut, supaya kamu bisa bermain game dengan leluasa dan hemat baterai. Biasanya aplikasi messenger kebanyakan berjalan di background seperti BBM, Whatsapp, Line dan lainnya.

6. Aktifkan Mode Power Saver

menghemat baterai
Image by: Pegipegi.com

Salah satu langkah selanjutnya, apabila kamu ingin mengurangi penggunaan baterai aktifkan power saver di smartphone kamu. Akan tetapi apabila game-game besar seperti pokemon go di dalam setting gamenya sudah dilengkapi dengan pilihan power saver.

7. Matikan Aplikasi Anti Virus

menghemat baterai
Image by: ANDROIDSUITES.COM

Sebenarnya sistem operasi Android tidak memerlukan antivirus, karena sistem operasi android terbukti kebal oleh virus. Justru apabila kamu memasang antivirus hal tersebut membuat handphone android kamu menjadi berat dan menguras baterai, karena aplikasi antivirus harus aktif setiap saat.

8. Matikan Bluetooth dan wifi 

menghemat baterai
Image by: Handphone.me

Saat bermain game, apabila kamu tidak memerlukan bluetooth ataupun Wi-Fi lebih baik di matikan saja. Karena jika bluetooth dan Wi-Fi di nyalakan terus menerus pada saat main game baterai akan cepat habis. Alasannya karena fitur Bluetooth dan Wi-Fi terus menerus mencari Acess Point pada area terdekat di daerah kamu, cara ini bagi kamu yang bermain game online dan mempunyai paket data berlebih yaa.

Itu dia 8 tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat baterai smartphone kamu saat bermain game. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.