salah jurusan
Image by: youthmail.com

Salah jurusan bukan berarti masa depan mu tidak cerah, banyak mahasiswa yang merasa bahwa jiwanya tidak cocok dengan jurusan yang sudah di tekuni akan tetapi jangan merasa patah semangat. Biarpun nasi sudah menjadi bubur, toh bubur masih bisa dimakan, dan bisa lebih enak apabila ditambahin krupuk. Percayalah Tuhan sudah menyiapkan jalan yang terbaik untuk kamu. Justru dengan salahnya jurusan kuliah, kita melatih diri di tempa dengan hal-hal diluar batas nyaman, menjadikan diri kita lebih kuat menghadapi dunia kerja, Karena banyak sekali tokoh-tokoh terkenal yang merasa masa kuliahnya salah jurusan, akan tetapi dia tetap fokus untuk mengejar cita-cita nya seperti tokoh-tokoh dibawah ini.

Merasa Salah Jurusan? Inilah Tokoh-Tokoh Terkenal Yang Pernah Salah Jurusan

1. Mark Zuckerberg

Salah jurusan
Image by: Reportase News.com

Sudah pasti kamu tau anak muda satu ini, dia adalah anak muda yang mempunyai salah satu perusahaan besar yang ditakuti di dunia yaitu perusahaan Facebook. Asal kamu tau, dulu semasa kuliah Mark Zuckerberg adalah mahasiswa yang kuiah di jurusan Psikologi, Harvard University. Kamu bisa bayangkan mahasiswa jurusan Psikologi membangun perusahaan Teknologi. Mark Zuckerberg membangun perusahaan Facebook dari  ide membuat sebuah situs buatannya yang bernama facemash.

Facemash adalah sebuah situs jahil yang berisi foto-foto mahasiswi Harvard dimana terdapat polling mana diantara mereka yang paling hot. Karena kejahilannya tersebut, Mark dipanggil oleh dosennya untuk disidang oleh pihak sekolah, dan dia harus meminta maaf atas kesalahannya tersebut. Tidak sampai disitu saja, karena Mark melihat potensi yang besar setelah ia membuat website tersebut, akhirnya Mark membuat sebuah website Facebook dimana semua orang bisa terkoneksi dalam satu website saja, karena website Facebook nya sangat ramai akhirnya Mark keluar dari Universitasnya dan fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Bill Gates

Salah jurusan
Image by: telset.id

Pasti diantara kamu masih banyak yang tidak tau bahkan tidak percaya bahwa seorang Bill Gates pendiri Microsoft dia dulunya mahasiswa Hukum, Harvard University. Memang sulit di percaya orang yang berawal dari jurusan Hukum ini menjadi orang terkaya nomer satu di dunia dengan membangun sebuah perusahaan teknologi yang di takuti oleh perusahaan lainnya yaitu Microsoft.

Pertama kali Bill Gates dan partnernya Paul Allen iseng untuk mendalami sistem komputer, mereka bekerja sama membuat suatu software yang bisa dijalankan pada suatu komputer kuno yang bernama Altair 8800. Mereka berencana akan mempresentasikan karya mereka ke perusahaan komputer MITS.

Sesampainya di kantor MITS di Alburquerque, mereka dengan sukses mempresentasikan software yang telah mereka rancang, dan berhasil direkrut oleh perusahaan MITS. Di tahun 1976, Gates dan Allen mendirikan perusahaannya sendiri yang kita kenal sebagai Microsoft. Dari keisengannya itu akhirnya Gates keluar dari kuliahnya untuk fokus dalam mengembangkan bisnis nya yang membuat Bill Gates menjadi orang terkaya nomer satu di dunia.

3. Hanung Bramantyo

Hanung bramantyo
Image by: Databio.Net

Ini dia sutradara yang sudah terkenal di indonesia, yang sudah mensutradarai film-film terkenal di Indonesia yaitu Ayat-Ayat Cinta, Soekarno, Rudy Habibie dan masih banyak lagi. Asal kalian tau Hanung waktu masa kuliah nya dia masuk jurusan Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, karena keinginan dari orang tuanya. Sebenarnya dulu Hanung ingin masuk ke jurusan seni akan tetapi orang tua nya tidak memperbolehkan karena orang tuanya memiliki pemikiran bahwa seni sebagai hobi itu hanya 20-30 persen saja, dan mereka meminta Hanung untuk belajar ilmu pasti seperti Matematika, Ekonomi dan lainnya. Akhirnya Hanung mengikuti perkataan orang tuanya, pada saat hanung semester 5 Hanung memulai magang di sebuah sanggar teater milik Teguh Karya di Jakarta. Namun, rupanya Teguh Karya meminta Hanung untuk belajar seni lebih karena teguh karya melihat skill Hanung di di perfilman. Atas saran mentornya tersebut, akhirnya orang tua Hanung mau menyekolahkan Hanung di Institut Kesenian Jakarta. Akan tetapi karena keluarga Hanung sempat krisis moneter membuat orang tuanya Hanung hanya bisa menyekolahkan Hanung sampai semester 5. Tetapi Hanung tidak tinggal diam dia mulai mencari uang dari membuat short film dan sinetron, yang membuat dia bisa meneruskan sekolahnya sampai selesai, dan menghasilkan karya-karya film yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia.

4. Chairul Tanjung

salah jurusan
Image by: strategidanbisnis.com

Chairul Tanjung atau sekarang lebih terkenal dibilang anak singkong. Semasa kuliahnya Chairul tidak mengambil jurusan bisnis akan tetapi mengambil jurusan dokter gigi, memang sangat jauh sekali dari Dokter gigi bisa menjadi bisnis man. Akan tetapi pada saat Chairul Tanjung kuliah dia baru menemukan jati dirinya atau passionnya di bidang bisnis yang bermula, dia suka berjualan di kelasnya tersebut untuk membiayai hidupnya di kampus dengan cara usaha fotokopi, berjualan alat kedokteran, dan berbagai cara lainnya. Semenjak menemukan keahliannya, Chairul Tanjung memulai membuka bisnis di berbagai bidang. Mulai dari usaha jual mobil bekas, pabrik sandal, hingga perusahaan besar seperti Trans TV, Bank Mega, dan berbagai perusahaan lainnya yang tergabung dalam CT Corp.

Itu dia tokoh-tokoh terkenal yang merasa salah jurusan semasa kuliahnya. Apakah kamu merasa salah jurusan juga? jangan merenung karena kesuksesan bisa di dapatkan dari kerja keras, bukan dari jurusan yang kita ambil, tetap semangat!