kuliah kerja

Untuk menjadi mahasiswa yang harus mengatur keuangannya sendiri itu adalah hal yang tidak mudah, apalagi ada keperluan mendadak yang harus dibeli seperti buku kuliah atau keperluan lainnya yang membutuhkan uang yang lumayan, yang membuat mahasiswa tidak bisa mengandalkan keuangan dari orang tua saja. Oleh karena itu mimin hallobro disini ingin memberitahukan bisnis apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa yang dapat menghasilkan uang dengan sibuknya kuliah.

Jadi pengusaha saat dibangku kuliah? siapa takut! 

Menjadi pembisnis pada saat mahasiswa itu adalah hal yang sulit, karena kalian tau sendiri banyak mahasiswa yang disibukan dengan tugas kuliah yang datang trus-trusan dan organisasi yang kerjaannya rapat trus, yang membuat kalian sudah tidak ada waktu untuk berinovasi atau mengembangkan diri kalian. Berikut adalah bisnis yang tepat untuk mahasiswa.

1. Bisnis Online

bisnis online

 

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, pengguna internet di indonesia semakin bertambah terus menerus. Bahkan internet sudah menjadi gaya hidup penduduk di dunia ini, seiring berjalannya waktu masyarakat di dunia ini akan males untuk berpergian membeli barang. Oleh karena itu hadirnya bisnis online seperti menjual barang-barang akan menarik peminat pembeli yang sangat banyak dan menguntungkan. Jual beli online terhitung mudah untuk dijalankan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan  adanya  foto  produk  dan  akses  internet  untuk  memasarkannya, bisnis  ini  sudah  dapat berjalan. bisnis ini juga tidak menghabiskan waktu yang banyak yang dapat dijadikan usaha sampingan.

2. Kantin kejujuran

kantin kejujuran

Bagi anda mahasiswa yang sekitar lingkungan kost atau rumahnya itu adalah kost-kostan, ini merupakan peluang bisnis yang menjajikan untuk berjualan. Jadi sistem kantin kejujuran ini adalah kalian menjual roti atau makanan ringan di kost-kostan sekitar lingkungan mu, dengan cara taro jualan roti atau makanan kalian di tempat kost-kostannya dan taro kotak uang disana jadi sistem jualan ini mengandalkan kejujuran dari pembeli. Apabila pembeli itu jujur dia akan membeli roti atau makanan ringan yang kamu jual di kostannya dan taro uang di kotak uang yang telah kamu siapkan disana apabila dia tidak jujur dia tidak membayar yang dia beli. bisnis ini cukup menjajikan, selain kita menjual barang kita juga melatih kejujuran kepada pembeli walaupun kita mempunyai peluang untuk rugi.

3. Photographer, photo editor, youtuberphotographer

jangan hanya menjadi mahasiswa yang doyan selfi atau doyan photo pemandangan lalu di post di instagram, mendingan hobby kalian itu di salurkan untuk menjadi pekerjaan sampingan kalian untuk menjadi pembisnis photographer, photo editor atau youtuber. Mendapatkan uang dari 3 itu sangat besar apabila kalian serius untuk menjalankannya. Atau kalian bisa jual hasil karya foto Anda di website-website yang menjadi tempat jual beli photo. Namun tentunya foto Anda harus unik dan menarik. Bila Anda tertarik pada dunia edit mengedit foto, maka Anda juga bisa jadi seorang photo editor. Karena biasanya harga yang ditawarkan juga mahal antara 100 ribu hingga 500 ribu per foto. Untuk menjadi youtuber juga tidak mudah karena seorang youtuber harus kuat menahan kritikan dan saran dari penonton kalian dan juga konten kalian harus unik dan menarik. Ketiga pekerjaan ini tidak menghabiskan waktu yang sangat banyak yang berarti dapat dilakukan walaupun kalian kuliah.

4. MLM ( Multi Level Marketing )

Bisnis MLM yang terus berkembang pesat menjadikan bisnis ini salah satu pilihan wajib yang anda coba. Bagi kamu seorang mahasiswa yang ingin terjun kedalam MLM, yang perlu diperhatikan adalah Waktu temu dan Modal awal saja. Yang dimana di setiap MLM memliki kebijakan tersendiri. Dua hal itu menjadi hal yang mutlak dipertimbangkan mengingat sebagai mahasiswa cukup menguras waktu dan tentunya hanya punya modal minim. Cara kerja bisnis MLM seperti saya memiliki sebuah produk sikat gigi, penjualan normal sikat gigi adalah saya jual dan Anda beli, bila Anda beli maka saya dapat keuntungan. Apabila kalian ingin mendapatkan bonus yang lebih besar, maka konsumen kamu harus berperan sebagai seller atau end-user dengan membeli sejumlah produk yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus, dan dia juga harus mensponsori orang lain agar terbentuk organisasi bisnis yang bisa menghasilkan omzet.

BACA JUGA: Nadiem Makarim Pendiri Gojek

5. Bimbingan Belajar

bimbingan belajar

Sebagian mahasiswa yang berprestasi masih sangat menguasai pelajaran SMP dan SMA. Oleh karena itu bisnis bimbingan belajar sangat cocok untuk kamu, karena selain mendapatkan uang kalian juga belajar cara nya bersosialisasi dan mempraktekan ilmu yang kalian dapat di kuliah. Contoh nya saja kamu adalah mahasiswa statistika, kamu dapat membuka usaha bimbingan belajar matematika ke anak-anak SMP atau SMA. Bisnis ini sangat menjajikan karena banyak orang tua yang ingin anak nya pintar akan tetapi biaya les yang mahal, oleh karena itu kehadiran kalian anak mahasiswa sangat ditunggu.

Ayo tunggu apa lagi? belajar berbisnis dari sekarang jangan hanya mengandalkan uang jajan dari orang tua saja, karena mumpung masih jadi mahasiswa berbisnis itu selain kamu berpeluang untuk untung kamu juga belajar bersosialisasi dan bernegosiasi dengan orang lain, itu adalah pengalaman yang bagus untuk kerja kamu nanti.