komputer
Image by: rdytea.com

Pasti semua orang ingin mempunyai komputer yang awet. Rasanya apabila mempunyai komputer dengan spesifikasi mumpuni dan daya tahan komponen yang lama itu sudah menjadi dambaan semua orang. Oleh karena itu apakah selama ini kamu sudah memperlakukan komputermu dengan selayaknya? atau malah jangan-jangan kamu memberikan resiko yang membuat masa komputermu tidak lama lagi. Oleh karena itu perhatikan hal-hal yang berbahaya ini agar komputermu bisa awet seperti yang kamu inginkan.

Hal-Hal Yang Berbahaya Jika Kamu Lakukan Di Laptopmu!

1. Membersihkan layar monitor dengan cairan pembersih

Jangan pernah sekali-kali kamu membersihkan monitor di komputer atau laptopmu dengan cairan pembersih, karena itu bisa membuat layar monitormu keliatan aneh. Jika ingin membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain lembut yang kering atau lembab.

2. Kabel Yang Longgar

Sebagian dari kita pasti mengabaikan ini, pasti kamu tidak pernah memperhatikan kabel yang kusut di dalam CPU. Padahal, kabel ini punya andil yang besar dalam memperpendek usia komputermu. Apabila kabel yang rusak atau yang longgar kamu abaikan, itu bisa membuka celah yang besar terhadap masuknya air atau konsleting.

3. Mematikan PC Secara Langsung, Tanpa di Shutdown

Banyak sekali orang-orang mematikan laptop atau komputernya secara langsung tanpa shutdown terlebih dahulu, hanya dengan alasan terburu-buru. Apabila hal ini dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan komponen, karena mematikan PC tanpa shutdown dapat langsung memutus arus listrik dari seluruh hardware.

BACA JUGA: 4 Laptop Gaming Terbaik Yang Cocok Buat Penggemar Game Saat Ini

4. Menginstal Software Tanpa Merestart Komputer Setelahnya

Banyak sekali orang-orang yang menggampangkan hal ini, tanpa mengetahui akibatnya. Sebenarnya banyak sekali efek sampingnya apabila kamu tidak merestart komputermu setelah menginstal sesuatu, oleh karena itu windows 8 dan windows 10 secara otomatis akan restart setelah pembaharuan, akan tetapi bagi kamu yang menggunakan windows 7 jangan lupa untuk merestart komputermu setelah menginstal software.

5. Melepas flashdisk tanpa ejeck

Mungkin Banyak diantar kalian yang sering melepas flashdisk dengan cara langsung mencabutnya tanpa melakukan eject terlebih dahulu di windows. Hal ini bisa merusak flashdisk dan komputermu, karena file-file yang seharusnya bisa dibaca oleh sistem windows akan berubah menjadi file RAW yang tidak bisa dikendalikan lagi.

6. Jarang Bersihkan Debu

Komputer yang bagus berarti komputer yang bersih, oleh karena itu selalu bersihkan laptopmu setiap 3 minggu. Dampak dari debu yang menumpuk ini dapat menurunkan performa komputermu, karena suhu yang berasal dari hardware menjadi tidak terkendali.

Nah itu dia hal-hal yang berbahaya yang bisa membuat usia komputermu tidak lama lagi, jangan sampai menyepelekan hal-hal tersebut kawan-kawan.