0

Joox atau Spotify -. Peluang bisnis musik streaming sesungguhnya memang masih sangat menjanjikan. Untuk Indonesia sendiri rata – rata orang menghabiskan waktu kurang lebih 72 menit setiap harinya untuk mendengarkan musik. Terlepas dari fakta bahwa musik ikut berperan dalam memproduksi hormon endorfin yang memicu bahagia, hal itu memberikan gambaran bahwasanya kita sangat sukar lepas dari yang namanya musik dikeseharian hidup kita.

Joox

Setelah meraih kesuksesan di Hongkong dan Malaysia, pada tahun 2015 Tencent Holding Ltd sebagai induk perusahaan Joox mencoba masuk ke pasar Indonesia untuk pertama kalinya. Joox sendiri berasal dari kata Jukebox.

Tencent sebagai induk perusahaan yang juga membawahi WeChat, mengklaim tidak ingin mengulang kegagalan mereka pada platform WeChat dengan mencoba melakukan pendekatan secara lokal. Joox mendirikan kantor mereka langsung di Indonesia.

Sebenarnya Joox sendiri mengklaim diri mereka sebagai platform hiburan, bukan hanya sebagai platform musik steraming. Didalamnya terdapat fitur karaoke, streaming video, bahkan peer to peer.

Spotify

Perusahaan besutan negara Swedia ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 oleh StartUp Spotify AB. Meski sempat bermasalah dengan kritik dan kompensasi yang dirasa kurang oleh para seniman. Bahkan Thom Yorke dan Taylor Swift sempat menarik diri dari layanan Spotify. Namun platform ini dapat terus bertahan dan mendapat sambutan yang baik bagi para penggemar musik streaming.

Saat ini Spotify Ltd menjadi induk perusahaan, sedangkan Spotify AB menjadi divisi pengembangan dan penelitian. Spotify sendiri mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2016 sekaligus langsung bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan Indosat.

Pengguna spotify terus bertambah setiap tahunnya, bahkan pada tahun  2016 spotify mampu mencapai 30 juta pelanggan berbayar pada layanannya.

Layanan

Kedua platform memiliki jenis layanan yang sama yaitu freemium. Free dengan layanan terbatas, sedangkan premium merupakan akun layanan tanpa iklan, kualitas musik HD dan kemampuan mendengarkan musik secara offline.

BACA JUGA :  Beberapa Musisi Terkenal Ini Bawain Lagu Cover Yang Gak Kalah Keren Dari Versi Aslinya

Joox Vip

joox vip
Joox Vip

Diatas kami tampilkan layanan VIP beserta harga yang harus kamu bayar ketika ingin mendapatkannya. Joox juga memberikan 15 hari gratis layanan VIP bagi pengguna pemula dengan syarat yang cukup mudah. Yaitu, kamu cukup mengikuti ID WeChat dari Joox (JOOXID) dan membagikan lagu favorit kamu di moment akun WeChatmu.

Spotify Premium

joox atau spotify
Spotify Premium

Sebagian besar layanan yang ditawarkan oleh kedua platform diatas kurang lebih sama. Namun spotify premium memberikan layanan gratis selama 3 bulan sebelum melakukan pembelian. Dengan skema yang ditawarkan ini, pelanggan bisa merasakan terlebih dahulu pengalaman menggunakan akun premium sebelum melakukan pembelian.

Joox Atau Spotify?

Lantas, bagaimana pendapatmu dan apa yang menjadi pilihanmu?Joox atau spotify?
Selain dari sisi harga. Terlebih dahulu, mari kita lihat statistik ini.

playstore

joox atau spotify
image by: similarweb

apple app store

joox atau spotify
image by: similarweb

Di dua app market berbasis android dan iOS diatas, kita bisa lihat Spotify berhasil merajai Leader Board.

Bagaimana Spotify bisa merajai dua platform mobile OS di Indonesia?

Banyak parameter yang harus kita bahas untuk mencari tahu hal tersebut. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keseriusan spotify dalam menjalankan bisnis ini, seperti kita ketahui tidak seperti Joox yang dibawahi oleh Tencent. Spotify hanya fokus pada bisnis musik streaming.
  • Free akun pada spotify masih dapat dinikmati pelanggan, memutar lagu, mendengarkan podcast. Meskipun pelanggan juga harus mendengarkan iklan audio yang muncul diantara lagu yang sedang diputar.
  • Dukungan pihak ketiga, kemampuan spotify untuk bernegoisasi dengan teknologi patut diapresiasi. Spotify saat ini juga tersedia pada playstation 4 dan terinstall langsung pada Windows 10.
  • Banyak podcaster terkenal Indonesia yang bergabung dengan spotify.

Beberapa point diatas adalah murni pendapat kami dari HalloBro Magazine, mungkin saja bisa berbeda dengan pendapat Bro semua yang membaca artikel ini. Sekarang keputusan semua tergantung pada anda, apakah ikut #teamjoox atau #teamspotify?


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

The Mystical Fog Junkie. `Salah Faham` OBnya HalloBro

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Image
Photo or GIF