0
2 shares

Kereta vs pesawat, kedua moda transportasi ini biasanya yang sering digunakan oleh masayarakat untuk mudik ke kampung halaman. Disamping mudik dengan kendaraan pribadi. Walaupun kedua moda transportasi ini punya kelebihan dan kekurangan, namun keduanya aman dan nyaman kok jadi pilihan untuk mudik. Nah Hallo Bro udah tulis nih kelebihan dan kekurangan kereta vs pesawat biar pilihan mudik kamu jadi lebih mudah. Cek ya!.

Kelebihan dan Kekurangan Kereta VS Pesawat Menjadi Pilihan Untuk Mudik

1. Harga

harga kereta vs pesawat

Untuk harga dari kedua moda transportasi ini, pesawat relatif jauh lebih mahal dibandingkan dengan kereta api. Misalnya untuk tujuan Jakarta dari Jogja, tiket pesawat dijual dari harga 300ribuan sedangkan kereta api untuk kelas ekonomi dijual dari harga 80ribuan.

Kereta 1:0 Pesawat

2. Waktu Tempuh

waktu kereta vs pesawat

Untuk urusan waktu, pesawat masih jadi juaranya. Jarak yang jauh bisa ditempuh dengan waktu yang jauh lebih cepat dibanding kereta. Jadi, untuk urusan waktu pesawat yang lebih baik dibanding kereta.

Kereta 1:1 Pesawat

3. Pemandangan

pemandangan kereta vs pesawat

Pemandangan yang disuguhkan pesawat emang indah banget, apalagi bisa liat pemandangan dari ketinggian sebelum cuma bisa ngeliat awan. Tapi pemandangan di kereta api, ga ada tandingannya deh. Dari sawah, terowongan, sampe pemandangan orang-orang yang ngeliatin kereta lewat. Jadi, kereta yang lebih baik untuk urusan pemandangan.

Kereta 2:1 Pesawat

4. Kenyamanan

kenyamanan kereta vs pesawat

Nah ini yang agak susah, diantara keduanya punya tingkat kenyamanan yang berbeda tergantung kelasnya. Tapi karena waktu tempuh pesawat yang lebih cepat, pesawat deh yang jadi pemenangnya untuk urusan kenyamanan. Soalnya gak ada yang lebih nyaman daripada di rumah.

Kereta 2:2 Pesawat

5. Social Interaction

social interaction kereta vs pesawat

Karena waktu yang biasanya relatif cepat, naik pesawat banyak dipakai penumpang untuk tidur dan sibuk dengan dirinya sendiri. Berbeda dengan kereta, kalo kamu emang hobi ngobrol sama orang baru, kereta bisa jadi alternatif pilihan kamu. Apalagi dengan waktu yang lama, bisa-bisa kamu jadi akrab sama orang yang baru kamu temui setelah dari kereta.

Kereta 3:2 Pesawat

BACA JUGA: Kamu Mahasiswa Perantau? Gunakan Tips-Tips Ini Agar Kamu Betah Di Tempat Perantauan

6. Ruang Gerak

ruang gerak kereta vs pesawat

Untuk urusan ruang gerak juga kereta yang jauh lebih baik. Kalo pesawat rasanya kamu kayak dirantai di tempat duduk kamu, dan cuma bisa pergi ke toilet doang. Beda sama kereta, kalo kamu hobi jalan-jalan kamu bisa keliling gerbong kereta, sampe turun di stasiun-stasiun pemberhentian kereta tersebut. Bisa ngilangin asem juga deh, buat yang merokok.

Kereta 4:2 Pesawat

7. Gadget

gadget
image by: travelandleisure.com

Untuk urusan main gadget di kedua transportasi ini, kereta jauh lebih baik. Kalo di pesawat selalu dibatasi untuk penggunaan gadget saat take off dan landing. Kalo di kereta ga ada batasnya, kamu bisa mainin gadget kamu sampe bosen. Walaupun kadang suka ilang-ilangan juga sih sinyalnya.

Kereta 4:2 Pesawat

8. Bagasi

bagasi kereta vs pesawat
image by: healthcenter.uoregon.edu

Bagasi di pesawat dibatasi dari 15-20 kg. Kalo di kereta kamu bisa barang bawaan yang banyak selagi mampu bawanya, dan gak malu diliatin penumpang yang lain. Walaupun katanya sih sekarang di kereta udah mulai ada batas berat bagasinya. Tapi di kereta kayaknya gak seketat di pesawat deh.

Kereta 5:2 Pesawat

9. Keamanan dan Keselamatan

keamanan kereta vs pesawat
image by: bandara.id

Untuk urusan keamanan dan keselamatan rasanya pesawat yang jauh lebih baik dibanding kereta. Karena sebelum masuk pesawat, penumpang dan barang bawaannya di cek menggunakan sinar x-ray. Kalo dikereta gak ada di cek-cek gitu, cuma ada cek ktp dan tiket aja.

Kereta 5:3 Pesawat

Dari poin diatas kayaknya kereta yang lebih unggul dibandingkan pesawat. Tapi karena ada ungkapan ‘waktu adalah uang‘ jadi waktu tempuh pesawat yang lebih cepat Hallo Bro beri poin tambahan sebesar 2 poin. Jadi skornya imbang, Kereta 5:5 Pesawat.

Sebenernya terserah kamu sih mau mudik pake apa. Keduanya sama-sama aman dan nyaman. Yang paling penting sih sampe tujuan dengan selamat. Kamu biasanya mudik pake transportasi apa nih? apa jangan-jangan malah ga mudik?.


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Paperback Writer

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Image
Photo or GIF